Pengelola RPTRA Serahkan Bantuan Bagi Nakes di Rusun Nagrak dan Penggali Kubur

By Al


nusakini.com - Jakarta - Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta mengadakan aksi solidaritas membantu kebutuhan perlengkapan tenaga kesehatan (nakes) di Rusun Nagrak serta kebutuhan pendukung bagi para penggali kubur di Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara.

Koordinator Aksi Solidaritas Pengelola RPTRA Provinsi DKI Jakarta, Suto Warso mengatakan, bantuan untuk operasional Rusun Nagrak berupa alat pel, ember plastik, cairan pembersih toilet dan lantai, lap kain, sikat toilet, sikat kamar mandi, pengharum ruangan, gantungan baju serta sapu.

"Untuk penggali kubur kami serahkan bantuan berupa masker, obat-obatan, vitamin, biskuit, wafer, kopi dan susu," ujarnya

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dana dari 1.926 pengelola di 323 RPTRA di Jakarta.

"Adanya bantuan perlengkapan dan peralatan rumah tangga ini diharapkan dapat memudahkan para nakes yang merawat para pasien yang melaksanakan isolasi mandiri di Rusun Nagrak. Sebelumnya kami sudah berkomunikasi dengan nakes di sini untuk mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan di Rusun Nagrak," terangnya.

Menurutnya, petugas gali kubur sangat berisiko terpapar COVID-19, namun mereka mempertaruhkan nyawanya demi kemanusiaan. Untuk itu, penyaluran bantuan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan stamina para penggali kubur di tengah masih tingginya kasus penularan COVID-19.

"Ada sekitar 100 penggali kubur di TPU Rorotan. Kami berikan bantuan untuk obat-obatan, vitamin, suplemen, susu, dan lain-lain supaya mereka tetap semangat dan staminanya terjaga," ucapnya.

Ia berharap, semua yang bertugas dan menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19 ini bisa terus bersemangat dan menjaga kesehatan dengan tatap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

"Tetap semangat bekerja dengan hati dan tulus, semoga ini menjadi ladang ibadah," tandasnya.